Minuman Herbal

Minuman herbal untuk kesehatan tubuh sangat direkomendasikan. Mengapa minuman herbal begitu direkomendasikan? Hal ini dikarenakan minuman herbal bersifat alami. Berbeda dengan obat yang mengandung bahan kimia yang begitu keras. Selain itu, minuman herbal juga bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga anda bisa mengunakan minuman herbal untuk mencegah sakit. Inilah alasan mengapa minuman herbal sangat direkomendasikan.

Deretan Minuman Herbal
Untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak penyakit yang bisa menyerang tubuh kapan saja dan dimana saja. Terlebih lagi jika sudah berbicara mengenai virus. Kini ada banyak orang yang sudah terjangkit virus. Maka dari itu, kesehatan harus dijaga dengan maksimal agar tidak terpapar virus. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa memperhatikan pola konsumsi. Sebab, salah satu hal yang memicu penyakit adalah makanan atau minuman.

Berbicara mengenai minuman, ada beberapa minuman yang bisa diminum dan sangat bermanfaat untuk tubuh. Minuman tersebut lebih dikenal dengan minuman herbal. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis minuman herbal untuk kesehatan tubuh. Agar tidak mudah terserang penyakit, maka sistem imun atau kekebalan tubuh harus dijaga. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman herbal yang memiliki banyak khasiat.

Tidak sedikit orang yang sudah mengonsumsi minuman herbal. Khasiat dari minuman herbal ini memang sangat ampuh untuk menjaga tubuh. Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat minuman herbal. Berikut ini beberapa minuman herbal yang bisa meningkatkan imun tubuh.

(dikutip dari : https://oyimedia.com)

1. Jahe

Minuman yang pertama adalah wedang jahe. Minuman ini sudah sangat populer di Indonesia. Bahkan sudah banyak orang yang sudah mencoba minuman ini. Tidak sedikit pula orang yang menggunakan wedang jahe sebagai minuman utama. Jahe sendiri merupakan salah satu rempah khas Indonesia yang kaya akan manfaat. Banyak orang yang menggunakan jahe ini sebagai bumbu masak.

Selain digunakan sebagai bumbu masak, jahe bisa dibuat sebagai minuman dan nantinya juga bisa menjadi obat. Ada beberapa khasiat dari jahe. Diantaranya adalah meredakan pegal linu, menghangatkan tubuh, dan juga meredakan nyeri otot. Anda bisa menambahkan gula jawa agar rasanya lebih enak. Jahe memang merupakan minuman herbal untuk kesehatan tubuh yang direkomendasikan.

2. Temulawak

Temulawak dikenal sebagai bahan olahan jamu tradisional. Tanaman herba yang banyak dijumpai di Indonesia ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan. Rupanya manfaat temulawak tidak sebatas untuk kesehatan saja, tetapi juga baik untuk kecantikan.

Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza adalah tanaman herba yang termasuk ke dalam golongan suku temu-temuan yakni tanaman yang akar dan batangnya menyatu di dalam tanah. Tanaman ini juga umumnya digunakan untuk bumbu dapur dan diolah sebagai tambahan penyedap rasa makanan.

Temulawak memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik seperti zat tepung, kurkumin, minyak atsiri, phleandren, protein, kamfer, serat, glukosida, antioksidan, turmerol, borneol, kalsium, zat besi, potasium, sodium, dan masih banyak yang lainnya.

3. Kencur

Bagian daun kencur memiliki manfaat untuk mengatasi demam, bengkak, rematik, oftalmia, dan dan pharyngodynia. Sedangkan pada bagian rimpang atau akar, kencur memiliki aroma yang sangat kuat. Rimpang biasa dikonsumsi sebagai bagian dari proses pengobatan medis herba, meski tidak semua negara pengguna kencur memanfaatkannya. Contohnya, masyarakat Bangladesh membuat jus rimpang kencur untuk mengobati sakit gigi dan ketombe.

Tidak hanya rimpang dan daun, kencur secara utuh memiliki beragam manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Kebiasaan ini dilakukan masyarakat Tiongkok sejak lama dalam memanfaatkan khasiat kencur untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan, seperti:

  • Hipertensi,
  • Rematik,
  • Batuk,
  • Sakit kepala,
  • Sakit gigi,
  • Sakit maag,
  • Nyeri dada dan perut, hingga
  • Radang tumor.

4. Kunyit

Manfaat kunyit telah lama dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan, di antaranya:

  • Osteoarthritis. Kunyit ditengarai dapat membantu mengurangi nyeri pada penderita osteoarthritis, yaitu sebuah kondisi yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku, dan kehilangan fleksibilitasnya. Sebuah penelitian menyatakan kinerja kunyit sebanding dengan obat ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis. Jika ingin mencoba mengurangi rasa sakit akibat osteoarthritis, Anda bisa mengonsumsi ekstrak kunyit dosis 500 mg dua kali sehari.
  • Kulit gatal. Berdasarkan sebuah penelitian, kulit gatal akibat penyakit ginjal kronis bisa diatasi dengan mengonsumsi kombinasi produk yang mengandung kurkumin dan ekstrak lada hitam atau cabe jamu (long pepper).
  • Ruam kulit. Kondisi iritasi kulit akibat liken planus bisa diatasi dengan mengonsumsi produk tertentu yang mengandung unsur kimiawi kunyit.
  • Masalah Menstruasi. Pasti Anda sering melihat iklan minuman yang mengandung kunyit dan diklaim bisa mengatasi rasa sakit akibat menstruasi. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi suplemen kunyit bisa meringankan rasa sakit tersebut. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.
  • Tukak lambung. Beberapa penelitian menyatakan sakit tukak lambung dapat diatasi dengan mengonsumsi kunyit.
  • Dispepsia (Maag). Menurut penelitian, mengonsumsi kunyit juga bisa membantu mengurangi gejala perut kembung pada penderita dispepsia.
  • Kanker. Menurut beberapa penelitian, kurkumin dapat mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor, penyebaran kanker, serta berkontribusi terhadap kematian sel kanker.